header 728 x 90 3

Minggu, 19 Oktober 2014

Update Google Penguin 3.0 Hanya Baru Kemungkinan



Update Google Penguin 3.0 Hanya Baru Kemungkinan ini karena ini belum secara resmi dikeluarkan oleh google, tetapi di forum forum dunia dan berbagai sosial media bahwa mereka telah merasakan dampaknya dari ciri-ciri dan tanda tanda dari munculnya algoritma google penguin ini.

Dan pada laporan awal berasal dari berbagai webmaster dan SEO di berbagai forum online serta dan media sosial. bahwasannya Industri SEO chatter adalah di semua waktu cukup tinggi dan itu semua mengarah ke algoritma Penguin 3.0 yang kemungkinan sudah dirilis tanpa google memberitahukannya lebih awal.

Dan algoritma google penguin, yang belum diperbarui dalam lebih dari satu tahun , sejak Penguin Web Master Dunia , Bantuan Webmaster Google , DigitalPoint Forum , Threadwatch dan Blackhat Dunia . Twitter, Facebook, Google+ dan jaringan sosial lainnya yang sekarang dan pada saat ini tengah membicarakan salah satu algoritma tersebut.

Serta laporan pertama yang saya lihat berasal dari Blackhat Dunia Jumat malam. Thread yang sekarang sekitar 250 dan banyak dari mereka dengan SEO yang mereka rasakan bahwa ada yang mengklaim mereka terkena dampak tersebut. Tetapi ada juga banyak orang melaporkan peningkatan besar dalam peringkatnya, apa itu mungkin, kita tunggu saja imbauan resminya dari google..

Rilis algoritma penguin 3.0 sabtu oktober 2014Tidak jelas apakah ini adalah refresh dengan algoritma Penguin atau update algoritma direvisi. Sekali lagi, saya menunggu untuk mendapatkan rincian lebih lanjut dari Google ini. Tapi sepertinya 90% + dari SEO sepakat bahwa Google refresh Penguin selama akhir pekan. Akankah mereka membalikkan itu? Apakah itu tes? Apakah akan tetap? Itu adalah pertanyaan besar. kita tunggu saja kebenarannya.

Hanya itu saja info kali ini tentang Update Google Penguin 3.0 Hanya Baru Kemungkinan semoga bermanfaat.


Sabtu, 18 Oktober 2014

Mengapa Media Sosial Merupakan Cara Cepat Mendapatkan Trefik?

Manfaat utama terbesar dari sosial media adalah meningkatkan trefik situs Anda. Dengan media sosial, Anda dapat membangun trefik lebih cepat dibandingkan dengan SEO saja. Ada beberapa cara yang media sosial berikan untuk trefik web.

Backlinks
Ketika kebanyakan orang berpikir tentang SEO dan trefik, hal pertama yang muncul di kepala mereka adalah kata kunci. Kata kunci pasti memainkan peran utama agar terlihat oleh audiens Anda dan mendapatkan trefik, sehingga kata kunci tidak boleh diabaikan. Namun, ada unsur penting lain terkait yang harus didapatkan, yaitu backlink. Mendapatkan backlink bisa dilakukan melalui blog, forum, atau situs media sosial.

Mengingat fakta bahwa raksasa media sosial mendapatkan jutaan views setiap hari, backlink pada raksasa ini jauh lebih efektif dari pada blog atau forum yang tidak mendapatkan jutaan tampilan setiap harinya. Situs yang mendapatkan begitu banyak trefik akan terus-menerus dalam sorotan Google. Mendapatkan satu backlink di Facebook, Twitter, atau Pinterest bisa menjadi setara dengan 10 backllink di situs lain yang tidak dalam sorotan Google.

Backlink sebagai Alat
Kebanyakan bisnis membuat backlink dari Facebook dan Twitter sebagai bagian dari strategi pemasaran mereka untuk mengarahkan trefik ke situs mereka. Strategi ini berhasil karena fakta bahwa Anda memperoleh lebih banyak dilihat, dan memberikan audiens sasaran Anda lebih banyak kesempatan untuk menemukan konten dan melihat situs Anda. 

Backlink juga membantu menangkap pengguna yang tidak langsung tertarik dalam bisnis atau konten Anda, tetapi kemudian mereka menjadi tertarik pada apa yang Anda tawarkan. Dengan memberikan pilihan kepada pengguna untuk menemukan konten Anda, Anda meningkatkan peluang untuk menangkap audiens target Anda dan pelanggan baru. Fitur lain yang berguna dari backlink adalah kenyataan bahwa Google memantau backllink untuk menentukan peringkat situs. Ini adalah bonus besar bagi organisasi Anda untuk mendapatkan backlink sebanyak mungkin.

cara mendapatkan backlink dari media sosial


Popularitas
Situs media sosial dianggap sebagai persimpangan dari Internet, terutama karena mereka adalah situs tersibuk di dunia online. Fakta inilah yang membuat mereka begitu berharga ketika perusahaan mencari peningkatan trefik  web. Salah satu cara utama Google menilai peringkat halaman adalah melalui popularitas. Google mengutamakan konten berkualitas tinggi untuk pengguna dan mereka pikir bahwa orang adalah penilai terbaik untuk artikel. 

Kata kunci dan backlink memainkan peran utama agar situs Anda ditemukan oleh pengguna dan pelanggan potensial. Dan juga faktor utama bagaimana Google mengindeks Anda, tapi popularitas situs atau artikel Anda adalah jalan agar Anda lulus ujian peringkat Google dengan cara cepat.

Lebih Sering Dilihat 
SEO masih merupakan bagian penting untuk mendapatkan trefik dan Anda pasti ingin situs Anda optimal SEO sehingga pengguna mesin pencari dapat menemukannya. Namun, kekurangan menggunakan SEO adalah jumlah waktu yang dibutuhkan mesin pencari untuk memilih pekerjaan Anda dan menempatkannya di halaman pertama hasil pencarian.

Hal lain yang perlu diingat adalah kenyataan bahwa pesaing Anda juga mungkin menerapkan SEO, sehingga dalam rangka Anda untuk mencapai peringkat halaman atas, Anda harus melakukan sesuatu yang ekstra yang tidak dilakukan pesaing Anda.

Bagi perusahaan atau situs yang belum masuk peringkat teratas di mesin pencari, memiliki akun di media sosial populer merupakan sumber tambahan dari visibilitas. Ketika perusahaan Anda terlibat dalam percakapan di media sosial, Anda mendapatkan orang di luar sana untuk mengklik link menuju ke website Anda.

Media Sosial untuk Manfaat Jangka Pendek
Sejumlah besar dari jejaring sosial populer seperti Facebook dan Twitter akan memberitahu Anda bahwa Anda melakukan sesuatu yang benar. Ini akan terlihat hasilnya dalam bentuk pelanggan yang membayar, loyalitas pelanggan, dan peningkatan trefik. Namun, jika Anda berhenti posting selama beberapa minggu atau lebih, Anda akan harus mulai kembali lagi dari bawah. Inilah sebabnya mengapa media sosial sangat baik dalam jangka pendek. Dengan begitu banyak orang posting dan aktif di media sosial, jika Anda tidak melakukan hal yang sama, maka halaman Anda bisa dilupakan dan manfaat yang telah Anda dapatkan bisa hilang.

Kesimpulan


SEO (backlink, dan lain-lain) masih merupakan alat penting untuk pemasaran dan penayangan, tetapi harus dianggap sebagai alat untuk mencapai hasil jangka panjang. Memanfaatkan media sosial adalah cara yang bagus untuk mendapatkan hasil jangka pendek, tapi itu hanya berguna jika Anda secara konsisten mempertahankan dan memperbarui konten Anda. Hal terbaik yang harus dilakukan bagi bisnis apapun adalah beritahukan tentang bisnis mereka di jaringan media sosial. Mempertahankan arus trefik  yang konsisten adalah apa yang membuat bisnis Anda tetap bertahan. 

Waktu (backlink) dan popularitas (sosial media) adalah dua faktor utama yang membuat pekerjaan SEO efektif. 

Jumat, 17 Oktober 2014

3 Cara Menggunakan Long-Tail Keyword Yang Harus Anda Hindari

Setelah mengetahui apa itu long-tail keyword dan bagaimana mencarinya, selanjutnya Anda perlu memahammi hal-hal yang perlu Anda hindari terkait kata kunci panjang tersebut. Kata kunci panjang adalah alat optimasi yang kuat, tetapi Anda harus menggunakannya secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, inilah beberapa hal yang harus dihindari:

1. Menggunakan kata kunci yang tidak relevan. Jika Anda menggunakan kata kunci panjang hanya karena kta kunci tersebut popular atau banyak dicari, namun konten Anda tidak sesuai, maka Anda masuk dalam kategori black-hat SEO. Hindari itu, blog Anda bisa di-banned Google.

2. Memaksa. Apa pun yang Anda lakukan, jangan memaksakan kata kunci panjang ke dalam konten Anda, seperti mencoba untuk mendorong persegi menjadi lingkaran. Google dan audiens Anda tidak suka pemaksaan. Sebaiknya pertama kali, tulis konten Anda tanpa memikirkan di mana harus menempatkan long-tail keyword atau jenis long-tail keyword yang harus Anda gunakan. Setelah seelesai, And abaca kembali tulisan tersebut. Lalu amati, bagian mana yang perlu Anda perbaiki kata kunci panjang-nya. Baik dari segi penggunaan kata maupun posisinya.

3. Terlalu spesifik. Ya, long-tail secara alami merupakan istilah pencarian spesifik. Tapi jangan jatuh ke dalam perangkap terlalu spesifik. Jika Anda menggunakan kata kunci panjang terlalu spesifik, ada kemungkinan Anda akan berada paling atas pada hasil pencarian, namun ternyata itu tidak mendatangkan trefik ke blog Anda. Karena tidak ada yang mencari dengan kata kunci tersebut. Misalnya, jika Anda tidak berada di kota besar, memasukkan nama kota Anda mungkin tidak akan menguntungkan. Sertakan negara atau kota-kota tetangga, dan Anda akan mendapatkan sesuatu.



    Apa Itu Long-Tail Keyword dan 4 Cara Mencarinya

    Penggunaan kata kunci terus berkembang karena mesin pencari menjadi lebih teliti dalam misi mereka untuk memberikan user hasil pencarian yang berkualitas tinggi dan yang paling relevan berdasarkan dengan permintaan pencarian mereka. Lalu terjadi perkembangan dalam dunia SEO terkait kata kunci yaitu munculnya istilah long-tail keyword (terjemahan Indonesianya yang tepat apa ya? Kita pakai istilah kata kunci panjang saja ya?!).

    Apa itu long-tail keyword?
    Ini bukan kata kunci yang memiliki ekor panjang. Kita tahu Google terus memberi algoritmanya dengan nama satwa liar, sehingga dapat dimengerti kadang-kadang dampak update cukup liar, tapi long-tail keyword sama sekali tidak ada hubungannya dengan kerajaan hewan kecuali, tentu saja, Anda menggunakan niche sekitar taman hewan.

    Menurut WordStream, kata kunci panjang adalah cara yang lebih baik untuk berhubungan dengan pembaca Anda. Kata kunci lebih panjang dan lebih spesifik daripada kata kunci tradisional. Bahkan, mereka biasanya berupa frase populer yang digunakan oleh pengunjung ketika mereka mencari. Mereka tahu apa yang mereka cari, itulah sebabnya mereka memasukkan lagi, frase kata kunci yang lebih spesifik. Tujuan mereka adalah untuk menemukan hasil yang sangat relevan.


    Sebagai contoh, jika saya berada di pasar untuk Toyota Camry, saya akan membuka Google dan ketik, "Toyota Camry" ke dalam kotak pencarian. Saya sedang berpikir untuk membeli Camry, tapi saya belum punya cukup informasi mengenai camry. Oleh karena itu, saya mencari informasi umum.
    Ketika saya lebih serius untuk membeli Camry, permintaan pencarian saya berkembang. Saya khawatir tentang keamanan kendaraan karena saya seorang ibu, dan saya ingin tahu apakah mobil ini bisa diandalkan. Nah, saya sekarang memiliki dua permintaan pencarian baru yang lebih spesifik: “Bagaimana keamanan Toyota Camry?" dan "Apakah Toyota Camry dapat diandalkan?"

    Katakanlah bahwa ketika saya meneliti, saya menemukan bahwa model tertentu dari Toyota Camry memenuhi standar keselamatan saya dan keandalannya lebih baik daripada jenis lainnya. Nah, pada tahap ini permintaan pencarian saya berkembang bahkan lebih spesifik. Saya kemudian mencari di Google dengan kata kunci lebih spesifik: "Toyota Camry LX 2014." Bahkan Saya mungkin menambahkan nama kota tempat saya tinggal, bahkan nama daerah tempat saya tinggal untuk menemukan dealer terdekat yang mungkin akan saya kunjungi.

    Dalam contoh ini, kata kunci asli atau tradisional adalah "Toyota Camry." Semua pertanyaan saya yang lain adalah apa yang kita sebut kata kunci ekor panjang. Menurut Panduan Moz ini Pemula SEO, kata kunci tradisional - orang-orang yang memiliki ribuan pencarian sehari (alias "Toyota Camry") - membuat kurang dari 30 persen dari pencarian yang dilakukan di Internet. 70 persen lainnya berasal dari kata kunci panjang (long-tail keyword).



    Bagaimana Cara Mencari Long-Tail Keyword?
    Mungkin yang paling memakan waktu dan tantangan terbesar dari kata kunci adalah melakukan pencarian dan menemukan yang tepat. Mengetahui dimana dan bagaimana untuk memulai selalu merupakan 50 persen dari memenangkan pertempuran. Sehingga, dengan pikiran, berikut adalah rekomendasi bagaimana mencari long-tail keyword terbaik Anda:

    1. Gunakan kotak pencarian di Google.com. 
    Serius. Kedengarannya sangat sederhana, tetapi itu berhasil. Sangat mudah dan efektif. Yang harus Anda lakukan adalah pergi ke Google dan memulai pencarian dengan istilah yang terkait dengan bisnis, pasar, niche, produksi, atau layanan Anda. Google akan secara otomatis mulai menunjukkan istilah pencarian, seperti halnya untuk user yang sebenarnya. Istilah yang populer adalah yang harus Anda pertimbangkan karena sangat mungkin itu merupakan istilah yang umum digunakan.

    2. Periksa laporan kueri pencarian Anda. 
    Laporan permintaan pencarian Anda adalah sumber daya yang fantastis untuk mengidentifikasi kata kunci panjang. Laporan ini memiliki sebuah daftar istilah pencarian yang harus dimiliki situs Anda. Ini adalah tempat utama untuk mencari kata kunci panjang yang sudah digunakan dan perluasan istilah yang digunakan.


    3. Gunakan tool kata kunci gratis yang tersedia. 
    Search Engine Land merekomendasikan tiga alat kata kunci gratis: Keyword Eye, KeywordSpy, dan SEMRUSH. Anda dapat memanfaatkan alat-alat ini untuk melakukan penelitian kata kunci secara rinci dan bahkan memata-matai pesaing Anda untuk melihat kata kunci panjang mana yang memberikan hasil. Informasi yang Anda peroleh dapat membantu Anda menyesuaikan beberapa kata kunci super kuat untuk bisnis atau niche Anda.

    4. Berpikir seperti pengguna lokal. Salah satu manfaat yang paling banyak dibicarakan dari kata kunci panjang adalah kemampuan mereka untuk memberikan Anda pada pencarian lokal. Jika tujuan Anda adalah untuk berhasil memasarkan ke konsumen lokal, maka Anda harus berpikir seperti pengguna mesin pencari lokal. Sebagian besar orang-orang ini mencari dengan penambahan nama kota atau kota tempat mereka tinggal, atau daerah metropolitan terdekat. Dalam kedua kasus, istilah pencarian tersebut sama dengan "long-tail keyword dengan target lokasi.” Pengiklan dan pemasar sering mengabaikan kata kunci ini karena mereka menghasilkan tingkat pencarian rendah. Namun, mereka adalah cairan emas untuk wilayah geografis niche Anda.

    Kamis, 16 Oktober 2014

    10 Tips Membuat Artikel Yang Layak Dibagikan - Bagian 2


    6. Serius
    Memberikan dukungan terhadap pendapat Anda adalah penting. Pikirkan tentang para ahli dalam niche Anda. Kemungkinan Anda selalu melihat pendapat mereka didukung oleh bukti yang kuat; itu adalah faktor mengapa Anda menganggap mereka ahli. Oleh karena itu, Anda harus mengutip sumber-sumber Anda dan menunjukkan data yang relevan. Menurut Moz, "mengutip sumber adalah sederhana seperti menghubungkan ke halaman web dari mana Anda mendapatkan informasi." Membangun kutipan dan menggunakan bukti yang kuat - seperti data dan statistik - untuk mendukung klaim Anda akan meningkatkan kredibilitas Anda. Semakin tinggi kredibilitas Anda, akan lebih mungkin orang-orang berbagi konten Anda.

    7. Tawarkan nilai
    jika judul artikel Anda sudah menarik, kail yang digunakan besar, dan beberapa batang petasan sudah membuat pembaca Anda tertarik, pembaca Anda juga ingin mendapatkan nilai dari artikel Anda. Dengan kata lain, mereka ingin solusi atau jawaban dari materi yang Anda tulis.

    8. Memanfaatkan pasukan
    Bukan rahasia bahwa guest blogging menjadi bagian penting dalam SEO. Moz berspekulasi bahwa ini adalah akibat langsung dari kurangnya kredibilitas dan keahlian beberapa pemilik situs. Moz melanjutkan pembahasan tentang menggunakan para eksekutif untuk guest posting. Guest posting adalah Anda membuat artikel yang dimuat pada blog orang lain. Anda juga dapat menerima artikel dari orang lain untuk blog Anda. Ketika membuat konten dengan maksud agar layak dibagikan, manfaatkan pasukan Anda. Rekrut penulis jika Anda harus! Bangun link dan arahkan ke sumber-sumber yang sangat kredibel.

    10 Langkah Membuat Artikel Yang Layak Dibagikan


    9. Buat beberapa kebisingan
    Konten yang layak dibagikan menimbulkan kebisingan. Ini seperti melompat-lompat, melambaikan tangan, bertepuk tangan dan menghentakkan kaki Anda. Artikel ini menuntut perhatian. Anda dapat membuat kebisingan dengan terus-menerus menciptakan artikel dengan cara yang berbeda. Terapkan langkah 1 sampai 8 untuk presentasi, infografis, webinar, podcast, studi kasus, eBook, dan setiap jenis konten lain yang Anda pilih.

    10. Menyewa pakar
    Jika Anda menemukan diri Anda sulit untuk membuat artikel yang layak dibagikan, investasi untuk penulis profesional adalah ide yang bagus. Namun demikian, apakah Anda tahu bagaimana cara memilih penulis berkualitas tinggi? Tidak hanya mereka harus memiliki pengalaman menangani niche Anda, tetapi mereka juga harus siap dan mampu memberikan contoh dan/atau referensi dalam tulisannya.

    Jangan takut untuk bereksperimen
    Apakah satu hal sama yang hampir semua merek sukses miliki? Mereka terus-menerus mengevaluasi apa yang berhasil dan apa yang tidak. Mereka tidak takut eksperimen. Mereka mencoba segalanya, dari berbagai jenis konten. Anda perlu melakukan hal yang sama.


    Gunakan 10 tips yang telah kita bahas sebagai panduan untuk menyusun konten yang layak dibagikan. Jangan takut melangkah di luar zona nyaman Anda. Anda tidak akan pernah tahu apa yang akan membuat konten Anda menyebar sampai Anda mencobanya.

    10 Tips Membuat Artikel Yang Layak Dibagikan - Bagian 1

    Dalam dunia internet marketing atau SEO, persaingan sangat ketat. Mendapatkan keunggulan niche sangat sulit. Anda tidak hanya perlu berbeda, tetapi Anda juga harus menemukan cara-cara baru dan relevan untuk mengatur diri Anda di atas kompetisi. Bagaimana hal ini dapat dilakukan? Salah satu caranya adalah pembuatan konten.

    Strategi pemasaran terbaik di internet tidak akan baik jika Anda tidak memberikan konten yang layak dibagikan. Jika sekarang Anda sudah membuat konten yang baik, itu bagus. Tapi itu tidak cukup. Anda harus membuat jenis tulisan yang membuat setiap orang yang membaca atau melihatnya akan menekan tombol: SHARE ME!

    Mengapa artikel layak dibagikan perlu diperhatikan?
    Mari kita jujur​​; tidak peduli seberapa sederhana kita, kita tidak pernah membangun sebuah website atau blog dengan maksud menjaganya agar tetap tersembunyi. Kita ingin dunia melihatnya, mendengarnya, dan berbagi. Kita ingin trefik! Jika Anda tidak mendapatkan banyak trefik, konten bisa memperbaiki masalah tersebut - terutama jika itu kontennya masuk kategori layak dibagikan.

    Menurut All BusinessExperts, salah satu cara terbaik untuk mempromosikan konten Anda adalah melalui media sosial. Namun, jalan ini tidak bisa sukses jika konten Anda tidak dapat dibagikan. Konten yang layak dibagikan perlu diperhatikan karena memaksa pengikut Anda untuk berbagi. Semakin banyak orang seperti, re-tweet dan +1 yang Anda dapatkan, semakin luas situs Anda akan dikenal. Tidak hanya berhenti di sana. Dengan semakin dikenalnya situs Anda, itu akan menciptakan dan membentuk kredibilitas, Semakin banyak pembaca mempercayai Anda dan konten Anda, semakin banyak keuntungan yang akan Anda peroleh.

    10 Langkah Sederhana Menciptakan Konten Yang Layak Dibagikan
    Konten yang layak dibagikan membutuhkan bahan rahasia: kualitas. Siapapun dapat menulis, tetapi membutuhkan pena khusus untuk mengolah bahan khusus dengan benar. Apakah Anda seorang pencipta konten berpengalaman atau tidak, berikut adalah 10 langkah sederhana untuk menghasilkan konten yang layak dibagikan:10 Langkah Sederhana Menciptakan Konten Yang Layak Dibagikan
    Konten yang layak dibagikan membutuhkan bahan rahasia: kualitas. Siapapun dapat menulis, tetapi membutuhkan pena khusus untuk mengolah bahan khusus dengan benar. Apakah Anda seorang pencipta konten berpengalaman atau tidak, berikut adalah 10 langkah sederhana untuk menghasilkan konten yang layak dibagikan:

    10 Langkah Membuat Artikel Yang Layak Dibagikan


    1. Temukan daya tarik Anda
    Content Marketing Institute mengatakan, "Secara pribadi, jauh lebih mudah untuk memiliki karakteristik pribadi yang mengesankan yang diinginkan seseorang…. Secara online lebih sulit." Buat tulisan yang memberikan ciri khas Anda. Apakah Anda akan menulis sesuatu dari sudut pandang tertentu? Apa niche Anda? Daya tarik Anda kemungkinan berasal dari semangat dibalik usaha Anda.

    2. Pilih judul menarik
    Judul merupakan hal pertama yang pembaca lihat. Judul perlu untuk menarik mata pembaca, menimbulkan rasa penting, atau rasa ingin tahu. Judul utama Anda harus cukup menarik pembaca untuk mengklik. Subjudul Anda harus cukup menarik untuk menjaga pembaca untuk terus membaca.

    3. Memancing
    Setiap nelayan yang baik akan memberitahu Anda tentang hal-hal terkait umpan. Dengan setiap bagian dari konten yang Anda tulis, sesungguhnya Anda memancing para pembaca untuk membagikannya. Umpan terbaik adalah kail yang besar. Buat kail tersebut dengan menyinggung rasa ingin tahu pembaca Anda.

    4. Gunakan petasan
    Konten yang layak dibagikan seperti sebuah petasan; memberikan efek DOR! Konten yang tersebar biasanya memiliki nilai kejutan. Seringnya konten yang ‘mengganggu’, bahkan kontroversial. Melemparkan petasan ke konten Anda akan membuatnya menarik bagi orang-orang di luar niche Anda sementara menjaganya tetap segar bagi mereka yang sudah tertarik pada nich tersebut.

    5. Pecah
    Konten yang mudah dicerna adalah konten yang diformat dengan baik dan mudah dibaca. Pecah artikel Anda dengan menggunakan judul, membuat paragraf pendek, tetap pada topik awal yang diangkat, menggunakan tata bahasa dan ejaan yang benar, dan memastikan konten yang tidak terlalu panjang. Konten yang mudah dicerna sering dibagikan bahkan sebelum pembaca selesai membacanya.

    Metode Pencarian Semantik Google Dan Dampaknya Pada SEO

    Google saat ini menggunakan metode pencarian semantik (Semantic Search) pada mesin pencariannya. Menurut SemRush.com, pencarian semantik adalah tentang cara yang lebih baik untuk mencari konten di Web. Ini tentang makna dan konteks terhadap kata kunci. Sejak update algoritma Hummingbird, Google telah menunjukkan komitmen search engine ini terhadap pencarian semantik. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu pencarian semantik karena saatnya untuk mengoptimalkan konten web kita untuk masa depan! 

    Dasar-dasar dari pencarian semantik
    Anda pasti sering mendengar istilah "pencarian semantik" sekarang. Bahkan, Anda mungkin sudah mendengar setidaknya sedikit tentang dua tipe dari pencarian Google: Semantik dan semiotika.

    Definisi: Menurut Search Engine Land, pencarian semantik adalah sistem pencarian yang unik yang mempertimbangkan faktor-faktor seperti konteks pencarian, lokasi, dan minat. Semantik juga dapat mencari berdasarkan variasi kata, sinonim, permintaan khusus dan umum, pencocokan konsep, dan pertanyaan bahasa alami (bahasa yang dipahami manusia).

    Tujuan: Tujuan dari semantik adalah untuk memberikan hasil yang paling relevan dengan permintaan pencarian berdasarkan konten yang sebenarnya dibandingkan dengan website yang hanya dipenuhi kata kunci tertentu dan mengaku relevan dengan permintaan pencarian.

    Artinya, pencarian semantik mengubah mesin pencari menjadi kemampuan kecerdasan untuk mengidentifikasi kecocokan query dan memutuskan untuk menampilkan atau menghilangkan hasil pencarian berdasarkan konteks.

    Mengoptimalkan Konten Web Anda
    Jika Anda adalah seorang penulis konten berkualitas tinggi yang selalu menulis artikel yang relevan, informatif, dan kriteria artikel berkualitas lainnya, maka Anda sudah di jalan yang benar untuk optimasi semantik. Fokusnya tidak lagi pada penyisipan kata kunci tetapi pada penggabungan kata kunci secara alami. Ini akan membuat cara Anda memilih kata kunci akan berubah. SemRush.com merekomendasikan pendekatan tiga tingkat untuk meneliti kata kunci semantik:

    1. Kata kunci utama: daripada menggunakan satu jenis kata kunci utama tertentu, Anda harus memiliki daftar yang mencakup variasi sinonim dari kata kunci tersebut. Variasi ini akan memungkinkan konten Anda dipertimbangkan ketika kata kunci yang terkait dicari. Misalnya kata kunci “jual baju murah” bisa Anda gunakan alternatif “jual pakaian murah.”
    2. Kata kunci tematik: daftar sekunder kata kunci ini berupa kata kunci terkait konseptual atau pengembangan dari kata kunci utama. Misalnya, jika salah satu kata kunci utama Anda adalah “jual baju murah,” maka istilah tematik bisa "jual baju murah di Jogja.”
    3. Kata kunci akar kata: daftar tersier ini terdiri dari kata kunci yang mengantisipasi informasi yang mungkin ditanyakan atau diminta oleh pengguna mesin pencari. Misalnya, "temukan tempat menjual pakaian murah di Jogja.”

    Setelah kata kunci ditetapkan, saatnya untuk melihat pada konten Anda. Memasukkan kata kunci semantik jauh lebih mudah dan lebih alami bila dibandingkan dengan metode pencarian sebelumnya.



    Konten Berkualitas Tinggi
    Trik untuk mengoptimalkan konten web Anda untuk pencarian semantik semudah menghasilkan konten berkualitas tinggi. Semua aspek utama dari jenis konten semantic adalah kualitas yang akan Google cari:
    1. Relevansi: karena pencarian semantik akan cukup pintar untuk mempertimbangkan konteks. Yang paling penting adalah konten Anda relevan. Relevansi dapat diambil dalam berbagai bentuk, dan Anda perlu untuk menguasai mereka semua. Konten Anda harus relevan dengan niche, merek atau bisnis Anda. Hal ini juga harus relevan dengan kata kunci yang Anda pilih untuk website Anda. Dan itu harus benar-benar relevan dengan apa yang pengguna cari.
    2. Konten layak dibagikan (share worthy): konten yang dapat dibagikan akan memainkan peran besar dalam pencarian semantik. Google akan melihat apakah konten Anda menyebar, dan jika iya, Anda akan mendapat skor tinggi dalam peringkat hasil pencarian - terutama jika konten Anda secara konsisten layak dibagikan. Oleh karena itu, langkah terbaik yang dapat Anda lakukan adalah belajar bagaimana membuat konten Anda layak dibagikan.
    3. Penggabungan dengan sosial media: SemRush.com mengatakan bahwa pencarian sosial sangat penting untuk hasil semantik. Media sosial itu sendiri merupakan komponen penting sejak algoritma Hummingbird diluncurkan Google, sehingga masuk akal bahwa Anda akan perlu untuk berbagi konten Anda melalui profil sosial Anda sendiri.


    Jaga Kualitas
    Pada akhirnya, pencarian semantik tidak akan memerlukan banyak optimasi. Kecuali, tentu saja, Anda masih memaksakan kuantitas daripada kualitas dan menggunakan strategi SEO usang. 
    Kuncinya sangat sederhana: tempatkan kata kunci secara alami atau tidak dipaksakan sambil memberikan pembaca materi menarik yang relevan. Lakukan ini, dan Anda akan memenangkan masa depan pencarian!